Proses Pendaftaran Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu pilihan bagi para pekerja yang ingin melanjutkan studi dengan waktu lebih fleksibel dan cara belajar mandiri. Dengan visi menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkualitas dunia, UT menawarkan beberapa jurusan. Karena biaya pendidikannya terjangkau dengan akreditasi B, saya memutuskan untuk melanjutkan studi saya disini.


July 16, 2019.

Dengan bekal beberapa form dari UPBJJ-UT Makassar di bulan Juni, saya kembali di pertengahan Juli bersamaan dengan kelengkapan berkas lainnya sesuai yang tertera dalam Check List Pemeriksaan Berkas. Sebenarnya, pendaftaran bisa dilakukan secara online di website UT laman Sistem Informasi Akademik dengan ketentuan lebih jelas pada laman Registrasi Pertama dan Formulir yang dapat dicetak dan diisi sendiri.
Check List Pemeriksaan Berkas (dok. pribadi)

Berkas yang perlu disiapkan antara lain:
  1. Mahasiswa Program Sarjana dan Diploma FE, FHISIP, FMIPA, FKIP, dan Program Pascasarjana
  2. Mahasiswa Program Sarjana PGSD dan PGPAUD FKIP Masukan Sarjana
  • Photocopy KTP
  • Materai 6000 (2 lembar untuk SIPAS, 1 lembar untuk NON-SIPAS)
  • Pas photo berukuran 3 x 4 (2 lembar) 
  • Pas photo berukuran 4 x 6 (1 lembar)
  • Photocopy ijazah terakhir yang telah dilegalisir

Alasan saya mendatangi UPBJJ-UT langsung karena saya ingin mengetahui dimana perbedaan SIPAS dan NON-SIPAS. Ternyata, perbedaannya hanya terletak pada jumlah SKS yang bisa diambil. Semisal di semester pertama untuk SIPAS berjumlah 19 SKS, maka pada NON-SIPAS dibebaskan dengan catatan maksimum 24 SKS per semester dan jadwal ujiannya tidak bentrok. Untuk mengetahui jadwal ujian, dapat dicek pada kurikulum di laman katalog sesuai jurusan yang diambil, baik FE, FHISIP, FKIP, FMIPA ataupun PGSD dan PGPAUD.
Kurikulum Sastra Inggris (sumber: UT)

Selain itu, saya juga bingung dengan begitu banyaknya jumlah kolom tanda tangan dalam Formulir Pas Photo dan Tanda Tangan. Ada 4 kolom tanda tangan dan paraf, apakah saya harus mengisi keempat kolom tersebut? Jawabannya ya. Bagi yang tidak mengetahui berapa kode UPBJJ-UT setempat, dapat dicek langsung di laman Alamat UPBJJ-UT.
Formulir Pas Photo dan Tanda Tangan (sumber: UT)

Apabila keseluruhan berkas telah lengkap, calon mahasiswa akan diberikan dua rangkap lembar informasi pembayaran untuk pendaftaran senilai Rp 100.000,-. Saya kurang tahu apakah nominal ini  sama di semua UBPJJ-UT atau tidak. Setelah pembayaran dilakukan, saya kembali membawa bukti bayar tersebut ke UPBJJ-UT Makassar. Kemudian, saya diberikan data pribadi mahasiswa dan KTM sementara dalam 1 lembar sekaligus untuk menempelkan pas photo 3 x 4 dan menandatanganinya agar selanjutnya distempel oleh pihak UT.
Data Pribadi Mahasiswa dan KTM Sementara (dok. pribadi)

Mengingat saya mengambil paket NON-SIPAS, saya baru diberikan formulir registrasi matkul untuk langsung diisi di tempat. Segera saya tentukan matkul yang akan saya ambil di semester pertama dan mengembalikan formulir tersebut untuk ditukar dengan lembar informasi pembayaran registrasi mata kuliah yang harus diselesaikan. Biaya tersebut terdiri dari biaya buku, biaya pengiriman, dan jumlah SKS yang harus dibayar tergantung biaya pendidikan masing-masing jurusan.
Lembar Informasi Pembayaran Registrasi Matkul (dok. pribadi)

Bersamaan itu, saya menerima kalender akademik yang sebenarnya dapat diakses melalui website UT. Dijelaskan oleh salah satu petugas UPBJJ-UT Makassar, untuk registrasi akun lalu melakukan aktivasi tutorial online (tuton) di e-learning UT dan melengkapi konfirmasi kesediaan mengikuti tuton sesuai tanggal yang telah ditentukan. Pada kalender tersebut, disertakan  juga kontak UT yang dapat dihubungi di halaman sebaliknya, salah satunya nomor WhatsApp yang sangat membantu. 
Kalender Akademik UT (dok. pribadi)

Note: Bagi para calon mahasiswa baru yang telah melakukan pembayaran dan belum menerima bahan ajarnya, mohon kesediaannya menunggu untuk pengiriman modulnya ya. Karena info terakhir yang saya terima, bahan ajar masih dalam proses stock opname.

Update: Di tanggal yang sama tulisan ini di-publish sekitar pukul 16.15 WITA, modul telah saya terima dengan baik.
Lembar Penerimaan Modul (dok. pribadi)

Comments

  1. keren tulisannya. selamat berkarya teroos. saya suka juga tampilan blognya
    btw, jangan lupa mampir juga ke blog saya Blog Alister N ya. sekalian krisan kalo berkenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Ade juga terus berkarya ya, kembangkan lagi ide-ide ceritanya :)

      Delete
  2. Mata kuliah structurenya dibalap ya langsung ambil dua... Kita samaan 4 matkul... Teman kelas jarak jauh...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Hi! Itu pendaftaran awalnya sama registrasi mata kuliah dilakukan di hari yang sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Bisa dilakukan di hari yang sama jika kamu langsung kembali ke UPBJJ-UT dengan melampirkan bukti pembayaran untuk pendaftaran awalnya. :)

      Delete
  5. Hi! Itu pendaftaran awalnya sama registrasi mata kuliah dilakukan di hari yang sama?

    ReplyDelete
  6. Hi! Itu pendaftaran awalnya sama registrasi mata kuliah dilakukan di hari yang sama?

    ReplyDelete
  7. Kak, saya juga mau ambil Non SIPAS nih, tapi pas nyerahin berkas malah ngirim Surat keterangan tidak pindah layanan SIPAS. Itu masalah nggak ya.. soalnya saya kira awalnya surat itu ditujukan untuk semua layanan SIPAS untuk keterangan jangan pindah aja.. Mohon bantuannya Kak

    ReplyDelete
  8. Kak mau nanya klo form cheklis penerimaan berkas itu yg upload dan ngisi dari pihak UT atau Maba nya ya??

    ReplyDelete

Post a Comment