Mungkinkah Kita Bidak Hitam?

Dear Ce Linda, 

Realita tak selamanya tampak dan nyata untuk kita telaah sehingga banyak dari kita memilih untuk menelannya bulat-bulat tanpa tahu bagaimana bentuk kebenarannya. Ada begitu banyak ruang tersembunyi dengan bilik tipis seakan memaksa kita berdiri pada satu batas antara hitam dan putih, benar dan salah. Bagi mereka, siapapun di luar bidak putih adalah hitam. Tapi, mereka lupa. Kenyataan tak bisa direduksi dari satu sisi saja. 


Apatis bukan lagi sekadar pilihan yang sebenar-benarnya bagiku dalam balon kotak ini. Melainkan sebagai elemen yang menawarkan refleksi atas gemuruh tanpa harus bergelut melalui argumen panjang lebar dengan sudut-sudut tajam yang pada dasarnya tumpul. Terlepas dari semua itu, aku yakin akan selalu ada Perdana Menteri yang duduk mendominasi permainan dengan memperlihatkan kemahiran dalam manipulasi untuk melenyapkan segala potensi destruktif ataupun mengancam posisi mereka. Apakah memang hidup ini soal mendominasi dan memanipulasi? Ataukah aku yang terlalu idealis dan naif? Entahlah. Rasanya aku masih harus banyak membaca agar lebih berani menulis seperti Soe Hok Gie.

Tak seorangpun kehilangan hasrat untuk dimengerti, namun kedewasaan hanya milik mereka yang tak menuntut. Terlebih atas hidup yang terkadang tak mengizinkan kita menyimpan gula meski hanya sebesar pasir, mengutip Mbak Lina. As we have discussed, kembali lagi bahwa kedewasaan merupakan pilihan, bukan sesuatu yang tumbuh seiring kita menua. Basically, hasil pembentukan dan perihal cara menempatkan diri. Akan tetapi, sesungguhnya apa yang kita peroleh dari kedewasaan? Siapa dan apa yang kita menangkan? Apa ini hanya sebatas menang dan kalah? Jika bukan, lantas apa?

I bet we both agree that it's more than just winning or losing. I think it's about getting through tough times. Like how we deal with it, how we're desperately struggling to fight our ego, how we learn to sincerely forgive who hurt us as much as possible. Because the difficulties that we face will make us more determined to achieve our objectives and to win against all the odds. And by encouraging people, especially women, I have found strength and realized how important self-esteem is. Everything seems too complicated and I can hardly explain it all in a sheet of paper. Semoga kita punya waktu lebih luang untuk mengurai semua ini. 

Selamat ulang tahun, cece. Panjang umur, sehat selalu. Jangan kalah oleh keadaan. Semoga kita mampu lebih bijak mengenal yang mana perlu diperdebatkan, mana pantas diperjuangkan. dan mana diam adalah emas. Jadilah sukma yang senantiasa diberkati dalam sukacita. Stay true, spread positive vibes only. Semoga aku ketularan sikap kalem cece juga walaupun years after years masih begini saja. Aku harap kado kecil ini bisa menjadi teman di setiap perjalanan cece. Mohon maaf atas keterlambatan ini.

Achieve what you really want. Set your goal. Don't mind what others say! Jangan pernah putus panjatkan doa dan ikhtiar. Sebab tidak ada kemuliaan tanpa memikul salib.

XOXO
avec amour

*** 
Due date: Sep 5th

Comments

Post a Comment