Pelajaran Menarik dan Seru di Akhir Pekan

Percobaan pertama (Dok. Pribadi)
Hari Minggu kemarin (26/2), Floral Wreath Watercolor Workshop for Beginner diselenggarakan oleh @minggudepan yang berkolaborasi dengan @brushstories dan @kuaskecil bertempat di cafe Office Coffee. Event penutup bulan Februari ini awalnya terbatas hanya untuk 10 orang saja dari jam 10 pagi sampai jam 12 siang. Tapi, akhirnya acara ini dibuat menjadi dua sesi dimana sesi kedua dimulai dari pukul 12.30 siang sampai jam 14.30 sore.

Acara ini melibatkan PNS, swasta, fashion designer, graphic designer, mahasiswa, sampai pelajar SD. Bahan dan peralatannya juga telah lengkap disiapkan, mulai dari pensil 2B, cat air, kertas 300 GSM Aquarelle, beragam ukuran kuas, dan palette. Peserta mempelajari teknik dasar menggunakan cat air, alat dan bahan yang baik digunakan, balancing, dan pemilihan warna. Peserta diarahkan untuk melukis berbagai bentuk dari daun hingga beberapa bunga dengan kesulitan yang berbeda.

Untuk  daun, dimulai dengan garis tipis untuk di bagian ujungnya kemudian diberi penekanan di bagian isinya hingga membentuk daun lalu ditutup dengan garis tipis kembali. Cara lainnya adalah dengan membuat outline terlebih dahulu kemudian dilanjutkan bagian dalamnya tapi teknik ini kurang disarankan. Karena apabila warna outline terlalu tebal dan terlanjur mengering kemudian ditimpa kembali, perpaduan warna akan terlihat kurang baik.

Sesi kedua (Dok. Pribadi)

Pembuatan bunga mawar dan poppies juga berbeda. Bunga poppies sebaiknya menggunakan kuas agak besar agar kelopak dapat membentuk rounded triangle. Caranya tekan kuas dan sapu ke sisi kanan atau kiri sedikit dan turun ke bawah sebelum diangkat. Pastikan masih ada cukup air yang tersisa agar dapat diberi warna gelap pada bagian kuas terakhir kali diangkat. Contoh kombinasi warna yang dapat dicoba adalah cream dengan merah.

Sebaliknya, bunga mawar perlu menggunakan kuas yang lebih kecil. Awali dengan titik dan garis putus-putus panjang di sekelilingnya. Semakin jauh garis dari titik tengah, semakin cembung juga garis yang perlu dibuat. Kecembungan tersebut dapat disesuaikan dari besaran bunga yang diinginkan.

Setelah selesai, para peserta diajak untuk foto bersama. Selain membawa pulang masing-masing hasil karya dan sertifikat, para peserta juga dipersilakan untuk menikmati segelas kopi dari Office Coffee.


REVIEW

Apakah 150k worth it untuk acara ini? I can hardly say yes. Saya tahu ilmu itu mahal tapi ada baiknya hal ini dipertimbangkan kembali apabila ada niat untuk menjadikan acara ini sebagai event bulanan.

Apabila melihat perhitungan harga untuk peralatan melukis dari ulasan artikel Sandra Hamidah, Belajar Hand Lettering Mudah dan Murah, I was kind of dissapointed. I know I can't compare it with some methods I learnt from YouTube. So, let's say I'm being greedy.

Secara materi, acara ini memang cukup bermanfaat untuk mengisi waktu di akhir pekan. Dan secara teknis,  saya pikir Minggu Depan cukup matang dan baik dalam mengemas acara ini.

Comments

  1. Woaaa senangnya bisa workshop cat air, aku juga pengen belajar lagi nih. Keep drawing ya Mak Des!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, seneng banget bisa praktek setelah baca tulisan-tulisan Mak Sandra hihi makasih ya Mak Sandra

      Delete
  2. Woaa senangnya bisa workshop cat air, aku juga pengen belajar lagi nih. Keep drawing Mak Des!

    ReplyDelete
  3. aku ga bisa gambar pun...hihihi
    semoga makin lancar nggambarnya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, bikin lingkaran aja aku masih perlu doa dulu haha makasih mbak Retno uda mampir

      Delete
  4. 150 ribu itu ikut sama bahannya kah? atau bahan bawa sendiri?
    Kalau bawa sendiri ya mahal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut sama bahan sih mak, tapi itu dipake buat rame-rame dan istilahnya hanya dipinjamkan

      Delete

Post a Comment