Aku Bukan Bougenville


Bumi tak mengenal angkuh
Angkuh pun tak mengenal bumi
Sebagaimana harusnya
Sebab keangkuhan itu tak tahu
Dimana jiwa dan raga bumi

Kabut mengepul asap
Pun asap mengepul kabut
Menjadi candu dalam mimpi
Yang tak terpisahkan
Bak terang dan cahaya

Namun aku
Dan kamu
Merupakan bagian dari rancu
Selamanya hanya menjadi rindu

Sebab nyalanya apiku
Tak membara dalam keteduhanmu
Meredup
Mempersilahkan bagi rinai lain
Menggemakan surgawimu
Di depanku

Aku bukan bougenville
Aku bukan dia
Aku bukan apa-apa

Senyum yang hangat
Pelukan yang menenangkan
Kecupan yang manis
Aku tak memiliki segalanya

Aku tak lebih dari kerang hampa
Terapung ke tepian
Terkubur dalam genangan pasir
Hanyut dalam abad yang membungkamku

Jadi
Bila suatu hari nanti
Kau tak mengenalku
Tak apa

Bulan takkan terbelah dua
Bahkan samudra takkan bergelora
Sekalipun aku menangisi
Kepergianmu untuknya

Bougenville (sumber: www.flower-pictures-online.com)

Comments